Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A. Standar Kompetensi
Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
B. Kompetensi Dasar
7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
C. Indikator
1. Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
E. Materi Pembelajaran
Cerita anak
F. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Penugasan
G. Kegiatan Belajar Mengajar
1. Kegiatan awal
· Guru mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran yang kondusif.
· berdoa bersama.
· Guru mengecek kehadiran siswa.
· Guru melakukan apersepsi
2. Kegiatan inti
· Guru membagikan teks cerita
· Guru menyuruh siswa untuk membaca cerita tersebut
· Guru menyuruh siswa untuk menyimpulkan cerita yang dibacanya ke dalam beberapa kalimat
· Guru membagi siswa ke dalam enam kelompok, tiap kelompok berjumlah lima orang
· Guru menjelaskan peraturan permainan, yaitu Kartu-kartu ditempelkan di dinding, dan para siswa diminta menyusun kartu-kartu tersebut menjadi satu jalinan cerita yang utuh dan bermakna.
· Guru menyuruh tiap perwakilan kelompok untuk membacakan cerita yang telah dirangkai di depan kelas
3. Kegiatan akhir
· Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran.
· Guru menutup pelajaran dan menyuruh anak berdoa.
H. Evaluasi
Jenis Tes: Tes Tertulis
Instrumen Tes:
Bacalah cerita di bawah ini!
Pensil Ajaib
Ada seorang anak laki-laki bernama Ali. Ia gemar melukis. Setiap hari, Ali melukis. Ali hanya menggunakan ranting dan batu saat melakukan kegemarannya.
Sebenarnya, Ali tidak suka melukis dengan ranting dan batu. Akan tetapi, ia tidak mampu membeli pensil gambar. Ia hanya seorang anak yang miskin.
Suatu hari, Ali berkhayal, “Jika aku mempunyai pensil gambar, aku akan melukis apa saja untuk orang-orang miskin di desaku”. Tiba-tiba tak lama kemudian, munculah laki-laki tua di hadapannya. Laki-laki itu berkata, “Hai anakku, keinginanmu akan terkabul. Aku mempunyai sebuah pensil gambar untukmu. Akan tetapi, aku mohon dengan sangat gunakanlah pensil gambar ini untuk hal-hal yang berguna bagi orang-orang miskin saja!”. Lalu, laki-laki tua itu pun menghilang.
Ali tentu saja sangat gembira. Ia mulai melukis. Ia melukis sebuah kompor. Seketika itu juga, lukisan kompor berubah menjadi kompor sebenarnya.
“Ooo....! rupanya, ini pensil gambar ajaib!” kata Ali kegirangan. Sejak kejadian itu, ali mulai berkeliling kampung. Ia melukis untuk kepentingan orang-orang miskin. Setiap selesai melukis, lukisan Ali selalu berubah menjadi kenyataan.
Tak lama kemudian, terdengarlah oleh Raja tentang pensil gambar ajaib itu. Raja memanggil Ali ke istana. Ali pun datang ke istana. Raja berkata, “Hai anak kecil! Tolong lukiskan untukku sebatang pohon yang daunnya terbuat dari koin mas!” lalu Ali menjawab, “Tidak bisa baginda! Sebenarnya, baginda kan tidak membutuhkan itu!”
Raja marah ketika mendengan jawaban Ali. Raja menyuruh pengawalnya menangkap Ali. Ali pun ditangkap dan dipenjara. Akan tetapi, karena Ali anak yang cerdik, di dalam penjara ia segera melukis kunci pintu penjara. Setelah selesai melukis, lukisan kunci pintu penjara itu berubah menjadi kunci pintu sebenarnya. Akhirnya, Ali dapat membuka pintu penjara. Ia pun keluar dari sana.
1. Buatlah kesimpulan dari cerita di atas!
Nomor soal | Skor | Deskriptor |
1 | 7 | Apabila menyimpulkan seluruh paragraf dengan tepat |
6 | Apabila hanya menyimpulkan 6 paragraf dengan tepat | |
5 | Apabila hanya menyimpulkan 5 paragraf dengan tepat | |
4 | Apabila hanya menyimpulkan 4 paragraf dengan tepat | |
3 | Apabila hanya menyimpulkan 3 paragraf dengan tepat | |
2 | Apabila hanya menyimpulkan 2 paragraf dengan tepat | |
1 | Apabila hanya menyimpulkan 1 paragraf dengan tepat | |
0 | Apabila tidak ada satu pun paragraf yang bemar |
Nilai = Skor Perole h an Skor Ideal x 100 = .....................
ijin kopas cerita anaknya, makasih :)
BalasHapusizin copas ceritanya. thankyouu ^^
BalasHapusijin copas ceritanya :)
BalasHapusijin copas ceritanya :)
BalasHapusterima kasih ya
BalasHapusTerima kasih mbak ...bermanfaat sekali
BalasHapus